Friday, April 26, 2019

Belajar di Kelas

Salah satu faktor keberhasilan pembelajaran di dalam kelas adalah guru. Seorang guru harus mampu menjadi fasilitator bagi siswanya untuk belajar. Persiapan pembelajaran melalui Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran yang merupakan penjabaran dari silabus sangatlah penting untuk digunakan seorang guru sebagai pedoman pelaksanakan pembelajaran di kelas. Melalui RPP ini guru akan mampu menyiapkan apa saja yang akan dilaksanakan di kelas pada saat pembelajaran, Mulai dari kegiatan pendahuluan yang memuat penyampaian motivasi kepada siswa tentang pentingnya mempelajari materi, kemudian penyampaian tujuan pembelajaran, serta materi prasyarat yang harus dikuasai siswa sebelum memulai pemebelajaran.
Dilanjutkan dengan kegiatan inti yaitu berkaitan dengan bagaimana siswa belajar materi pokok yang dipelajari sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Dalam kegiatan ini siswalah yang berperan aktif dalam belajar. Tugas guru adalah mendampingi siswa sehingga pembelajaran berjalan dengan lancar sesuai perencanaan dan tujuan pembelajaran dapat tercapai.
Diakhir pembelajaran guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk dapat menarik kesimpulan mengenai hal-hal penting yang telah dipelajari. Selanjutnya siswa menyampaikan refleksi tentang pembelajaran yang telah dilaksanakan.

No comments:

Post a Comment

Link Pendaftaran Peserta VCT Batch 5 Yuk... yang pengin dapat banyak ilmu... gabung di sini ya Gratis... Materi:  1. Webex m...